Pelawi, Aisyah Mindo Maibina (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR & DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI SMAN 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181121030 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4181121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM 4181121030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 4181121030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM 4181121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. NIM 4181121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM 4181121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 4181121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes dilihat dari validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada instrumen tes yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan jenis penelitian ADDIE yaitu Analysis (menganalisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 15 Medan pada kelas XI IPA dengan jumlah 16 siswa untuk kelompok kecil dan 50 siswa pada kelompok besar. Instrumen tes disusun dalam bentuk multiple choice mengacu pada indikator soal, dan sub keterampilan berpikir kritis. Hasil dari validasi ahli dengan menggunakan rumus Aiken bahwa 15 instrumen tes berada dalam kategori sangat layak. Pada uji kelompok kecil terdapat 15 soal yang diujikan dan 14 soal dikatakan valid. Pada Uji kelompok besar diperoleh 14 soal dalam kategori valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,69 pada tingkat 1 dan 2 serta 0,77 pada tingkat 3 dengan kategori reliabilitas tinggi. Pada tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang nilai 0,21-0,79 pada tingkat 1&2 serta berada pada rentang 0,28-0,71 pada tingkat 3. Daya beda butir soal berada pada nilai 0,21-0,76 pada tingkat 1&2 serta berada pada rentang nilai 0,21-0,69 pada tingkat 3. Hasil uji coba kelompok besar pada keterampilan kritis, pada sub keterampilan interpretasi terdapat 58%, sub keterampilan analisis 82%, sub evaluasi 76%, sub infrensi 86%, sub explanation 56%. Dapat disimpulkan dari hasil uji kelompok besar instrumen three tier multiple choice keterampilan berpikir kritis layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 007 |
Keywords: | Berpikir kritis; Instrumen tes; Kesetimbangan benda tegar; Dinamika rotasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53624 |