PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR & DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI SMAN 15 MEDAN

Pelawi, Aisyah Mindo Maibina (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR & DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI SMAN 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181121030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181121030 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181121030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181121030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181121030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181121030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181121030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181121030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181121030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181121030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181121030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181121030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181121030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes dilihat dari validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada instrumen tes yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan jenis penelitian ADDIE yaitu Analysis (menganalisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 15 Medan pada kelas XI IPA dengan jumlah 16 siswa untuk kelompok kecil dan 50 siswa pada kelompok besar. Instrumen tes disusun dalam bentuk multiple choice mengacu pada indikator soal, dan sub keterampilan berpikir kritis. Hasil dari validasi ahli dengan menggunakan rumus Aiken bahwa 15 instrumen tes berada dalam kategori sangat layak. Pada uji kelompok kecil terdapat 15 soal yang diujikan dan 14 soal dikatakan valid. Pada Uji kelompok besar diperoleh 14 soal dalam kategori valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,69 pada tingkat 1 dan 2 serta 0,77 pada tingkat 3 dengan kategori reliabilitas tinggi. Pada tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang nilai 0,21-0,79 pada tingkat 1&2 serta berada pada rentang 0,28-0,71 pada tingkat 3. Daya beda butir soal berada pada nilai 0,21-0,76 pada tingkat 1&2 serta berada pada rentang nilai 0,21-0,69 pada tingkat 3. Hasil uji coba kelompok besar pada keterampilan kritis, pada sub keterampilan interpretasi terdapat 58%, sub keterampilan analisis 82%, sub evaluasi 76%, sub infrensi 86%, sub explanation 56%. Dapat disimpulkan dari hasil uji kelompok besar instrumen three tier multiple choice keterampilan berpikir kritis layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 007
Keywords: Berpikir kritis; Instrumen tes; Kesetimbangan benda tegar; Dinamika rotasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:33
Last Modified: 11 Dec 2023 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53624

Actions (login required)

View Item
View Item