Situmorang, Agnes Yulian (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FISIKA FLUIDA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163321001 COVER.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. NIM. 4163321001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM. 4163321001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 4163321001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4163321001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM. 4163321001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13. NIM. 4163321001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM. 4163321001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, dan respon siswa terhadap instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida di SMA Swasta PAB 4 Sampali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Swasta PAB 4 Sampali menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, pemberian tes dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat validitas instrumen pada uji coba terbatas diperoleh bahwa dari 15 soal yang diujicobakan terdapat 12 soal yang valid dengan nilai reliabilitas 0,518 pada kategori cukup baik, sedangkan pada uji coba secara luas diperoleh hasil akhir ada 10 soal yang valid dengan nilai reliabilitas 0,514 pada kategori cukup baik.. Tingkat uji respon siswa terhadap instrumen tes yang dikembangkan terdapat 38% siswa sangat setuju bahwa instrumen yang dikembangkan adalah berpikir kritis dan dapat mendorong kemampuan berpikir siswa, 51% siswa setuju bahwa instrumen yang dikembangkan adalah berpikir kritis dan dapat mendorong kemampuan berpikir siswa, 6% siswa tidak setuju bahwa instrumen yang dikembangkan adalah berpikir kritis dan dapat mendorong kemampuan berpikir siswa, dan 5% siswa sangat tidak setuju bahwa instrumen yang dikembangkan adalah berpikir kritis dan dapat mendorong kemampuan berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 027 |
Keywords: | Berpikir kritis; Fluida statis; Fluida dinamis; Instrumen tes; Soal essay |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 09:45 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53622 |