Barus, Leny Nauliana (2022) DEVELOPMENT OF DESMOS ELECTRONIC STUDENTS’ ACTIVITIES SHEET (E-LKPD) BASED ON THE PROBLEM BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL CRITICAL THINKING SKILLS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183111062 COVER.PDF - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 4183111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4183111062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4183111062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 4183111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 4183111062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 4183111062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4183111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Desmos berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan, respon siswa setelah menggunakan E-LKPD Desmos, serta efektivitas dan praktikalitas E-LKPD Desmos berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang dibatasi penyebaran terbatas pada kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Babalan yang berjumlah 31 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis, aspek interpretasi meningkat sebesar 9%, aspek analisis meningkat sebesar 18%, aspek evaluasi meningkat sebesar 42%, dan aspek inferensi meningkat sebesar 48%. (2) Hasil respon siswa termasuk pada kategori baik dengan persentase 80,31%. (3) E-LKPD Desmos berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli pengguna yang berada pada kategori valid, ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai sebesar 80,65%, dan hasil Gain berada pada 0,5 dengan kategori sedang. Hasil uji kepraktisan mendapatkan 92,18% pada kategori sangat praktis,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 064 |
Keywords: | Problem based learning; Critical thinking; Student worksheet; Desmos |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 09:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53619 |