DEVELOPMENT OF DESMOS ELECTRONIC STUDENTS’ ACTIVITIES SHEET (E-LKPD) BASED ON THE PROBLEM BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL CRITICAL THINKING SKILLS

Barus, Leny Nauliana (2022) DEVELOPMENT OF DESMOS ELECTRONIC STUDENTS’ ACTIVITIES SHEET (E-LKPD) BASED ON THE PROBLEM BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL CRITICAL THINKING SKILLS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183111062 COVER.PDF]
Preview
Text
1. NIM. 4183111062 COVER.PDF - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183111062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183111062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183111062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183111062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183111062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183111062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183111062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183111062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183111062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183111062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183111062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Desmos berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan, respon siswa setelah menggunakan E-LKPD Desmos, serta efektivitas dan praktikalitas E-LKPD Desmos berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang dibatasi penyebaran terbatas pada kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Babalan yang berjumlah 31 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis, aspek interpretasi meningkat sebesar 9%, aspek analisis meningkat sebesar 18%, aspek evaluasi meningkat sebesar 42%, dan aspek inferensi meningkat sebesar 48%. (2) Hasil respon siswa termasuk pada kategori baik dengan persentase 80,31%. (3) E-LKPD Desmos berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli pengguna yang berada pada kategori valid, ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai sebesar 80,65%, dan hasil Gain berada pada 0,5 dengan kategori sedang. Hasil uji kepraktisan mendapatkan 92,18% pada kategori sangat praktis,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 064
Keywords: Problem based learning; Critical thinking; Student worksheet; Desmos
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Dec 2023 09:13
Last Modified: 07 Dec 2023 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53619

Actions (login required)

View Item
View Item