Panjaitan, Erlia Utami (2015) KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI SE-KOTA TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8136173009 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 8136173009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
3. NIM 8136173009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM 8136173009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 8136173009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 8136173009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 8136173009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. NIM 8136173009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 8136173009 BAB I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
13. NIM 8136173009 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
14. NIM 8136173009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan literasi sains siswa dalam dimensi konten, proses, dan konteks; (2) Sikap ilmiah siswa; dan (3) Hubungan antara literasi sains dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se-kota Tanjungbalai dengan jumlah sampel 263 siswa dari jumlah populasi 810 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains dan angket sikap ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Teknis analisis data menggunakan persentase, statistik nonparametrik Wilcoxon dan korelasi Spearman. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Kemampuan literasi sains siswa secara keseluruhan mencapai (39,48%) termasuk kriteria tidak baik, yang meliputi: dimensi konten (35,93%), proses (40,77%) dan konteks (39,48%); (2) Sikap ilmiah siswa secara keseluruhan (74,20%) dengan kategori cukup baik; dan (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap ilmiah dan literasi sains siswa (r= 0,166 ; Z= 14,060 ; P= 0,000). Berdasarkan Rhitung yang diperoleh maka diketahui korelasi antara sikap ilmiah dan literasi sains siswa tergolong dalam korelasi lemah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa masih dalam kategori tidak baik dan sikap ilmiah siswa masih dalam kategori cukup baik, sehingga masih diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi sains dan sikap ilmiah siswa, serta berdasarkan rhitung yang diperoleh dari hubungan literasi sains dan sikap ilmiah, maka diketahui korelasi antara sikap ilmiah dan literasi sains siswa tergolong dalam korelasi lemah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Pan k |
Keywords: | Literasi sains; Sikap ilmiah; Dimensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 May 2016 02:30 |
Last Modified: | 23 May 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5358 |