Nabilah, Khairunnisa’ (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS MODEL MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP SWASTA IT AL-HIJRAH 2 DELI SERDANG KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital interaktif berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket respon siswa dan guru terhadap bahan ajar, lembar validasi bahan ajar digital interaktif oleh ahli materi dan ahli media, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan bahan ajar digital interaktif dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji coba keterbacaan dan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis masalah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai rata-rata validasi RPP adalah 3,78 dan rata-rata validasi bahan ajar digital interaktif sebesar 3,63 untuk ahli materi dan 3,93 untuk ahli media dengan kategori sangat layak, (2) Bahan ajar digital interaktif berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan sebesar 96,87% dengan kategori sangat praktis, (3) Bahan ajar digital interaktif berbasis masalah yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, yaitu: (a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji lapangan sebesar 92,3%, (b) Nilai rata-rata ketercapaian indikator tujuan pembelajaran sebesar 89,52, (c) Waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa dan nilai respon siswa sebesar 88,86%, dan (d) Terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata sebesar 66,88. Melalui uji Gain menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 0,84 termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 059 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Pembelajaran berbasis masalah; Bangun ruang sisi datar; Bahan ajar digital interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 07:28 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53571 |