Simbolon, Gita Sonia (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111060 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 4183111060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 4183111060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. NIM 4183111060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. NIM 4183111060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM 4183111060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM 4183111060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM 4183111060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang berkualitas dengan kategori valid, praktis, dan efektif, untuk menaikkan kemampuan memecahkan permasalahan matematika peserta didik pada materi program linear. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan lembar validasi bahan ajar interaktif, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon, lembar validasi tes kemampuan, angket respon guru dan siswa, serta tes kemampuan siswa. Setelah bahan ajar interaktif, RPP, angket respon dan tes kemampuan dinyatakan valid oleh para ahli, tahap selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria dari aspek kevalidan menurut penilaian para ahli dengan rata-rata validitas bahan ajar interaktif yaitu 3,44 untuk validasi materi dan 3,49 untuk validasi media dengan kategori sangat layak serta rata-rata validitas RPP adalah 3,54 dengan kategori sangat layak, (2) Bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria dari kepraktisan dengan: a) hasil angket respon peserta didik mengenai bahan ajar interaktif menunjukkan persentase kepraktisan 80,46% dengan kategori sangat praktis; b) hasil angket respon pendidik mengenai bahan ajar interaktif menunjukkan persentase kepraktisan 90,47% dengan kategori sangat praktis; (3) Bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif melalui: a) aktivitas waktu pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif yang dikembangkan sama dengan waktu pembelajaran biasa, dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan di dalam RPP, (b) respon peserta didik terhadap produk pembelajaran positif, dan (c) ketuntasan belajar siswa secara klasikal 88,89%. Melalui uji Gain, tampak bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual mengalami kenaikan sebesar 0,74 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 060 |
Keywords: | Bahan ajar interaktif; Pendekatan kontekstual; Pemecahan masalah matematis; Program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 05:00 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53564 |