Sinaga, Felix Yosua Flippo (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 45 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111026 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 4181111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM. 4181111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 4181111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
5. NIM. 4181111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
9. NIM. 4181111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM. 4181111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 4181111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dalam penerapan model pembelajaran POE dan menganalisis pemenuhan indikator pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan masalah dengan penerapan model pembelajaran POE. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada akhir setiap siklus peneliti memberikan tes untuk mengukur sejauh mana kemampuan pemaahaman konsep pada siswa. Pada penelitian ini, subjek yang diteliti sebanyak 29 siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Medan.
Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa dan lembar observasi dugunakan untuk mengamati hal – hal yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada siklus 1 didalam pemenuhan indikator pemahaman konsep rata – rata kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus 1 sebesar 73,64 dan pada siklus 2 didalam pemenuhan indikator pemahaman konsep rata – rata kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus 2 sebesar 89,72. Dengan demikian didalam pemenuhan indikator pada siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan dari nilai rata – rata 73,64 ke nilai 89,72. Sementara itu melalui hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep dari siklus 1 ke siklus 2 dimana pada siklus 1 hasil dari peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh sebesar 0,647 dan tergolong pada kategori sedang, sedangkan pada siklus 2 hasil dari peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh sebesar 0,80 dan tergolong pada kategori tinggi. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan adanya kenaikan antara siklus 1 dengan siklus 2.
Dengan adanya peningkatan rata – rata kemampuan pemahaman konsep dari siklus 1 ke siklus 2, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas VIII SMP Negeri 45 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 246 |
Keywords: | Pemahaman konsep; Model pembelajaran POE; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53562 |