PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Syahida, Fadwa (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4181111012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181111012 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181111012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181111012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181111012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181111012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181111012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181111012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181111012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181111012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181111012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181111012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181111012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar interaktif berupa e-book berbasis model pembelajaran PBL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP pada materi relasi dan fungsi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi media bahan ajar interaktif, lembar validasi materi bahan ajar interaktif, lembar validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes kemampuan penalaran matematis, lembar validasi tes, angket respon guru dan angket respon siswa. Setelah bahan ajar interaktif, RPP, dan tes kemampuan penalaran matematis dinyatakan valid oleh para ahli dilakukan uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kategori kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata 4,75 untuk media dan 4,81 untuk materi dengan kategori sangat valid. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model pembelajaran PBL yang dikembangkan telah memenuhi kategori kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata 4,89 dengan kategori sangat valid, dan tes kemampuan penalaran matematis yang dikembangkan telah memenuhi kategori kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata 4,94 dengan kategori sangat valid; (2) Bahan ajar interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kategori kepraktisan melalui hasil angket respon guru yang menunjukkan persentase sebesar 91%, dan hasil angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 86%. Hasil angket guru dan siswa berada dalam kategori sangat praktis; (3) Bahan ajar interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dari total 30 siswa dan persentasenya sebesar 87%; b) lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Uji N-gain menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa meningkat setelah melakukan pembelajaran menggunakan bajan ajar interaktif berbasis model pembelajaran PBL yang dikembangkan dengan peningkatan sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 015
Keywords: Bahan ajar interaktif; Problem based learning; Penalaran matematis; Relasi dan fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:47
Last Modified: 13 Nov 2023 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53561

Actions (login required)

View Item
View Item