Hazrati, Dayanara (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311016 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4183311016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3., NIM 4183311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM 4183311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 4183311016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 4183311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4183311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4183311016 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperoleh E-LKPD yang valid dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 29 Medan, (2) Untuk memperoleh E-LKPD yang praktis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 29 Medan, (3) Untuk memperoleh E-LKPD yang efektif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi E-LKPD, tes keterampilan pemecahan masalah (pretest dan postest), dan lembar validasi instrumen tes. Setelah instrumen dan E-LKPD dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan juga ahli materi, kemudian dilanjutkan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dari validator dengan persentase rata-rata validasi E-LKPD pada ahli materi sebesar 3,68 dan ahli media sebesar 3,76 dengan kategori sangat layak (SL), (2) E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru yang berada pada kategori rentang 76%-100% dan dikategorikan sangat praktis, (3) E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,62%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 86,30 yang artinya telah tercapai indikator/ketentutasan tujuan pembelajaran, (c) respon siswa positif, dan (d) keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengaplikasikan E-LKPD mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest sebesar 28,70 menjadi 86,30 pada rata-rata nilai postest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,80 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 062 |
Keywords: | Problem based learning; Pemecahan masalah; Sistem persamaan linear dua variabel; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 08:07 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53552 |