Hazrati, Dayanara (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311016 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4183311016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3., NIM 4183311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM 4183311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 4183311016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 4183311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
10. NIM 4183311016 CHPATER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (311kB)
11. NIM 4183311016 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
12. NIM 4183311016 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. NIM 4183311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4183311016 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
15. NIM 4183311016 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperoleh E-LKPD yang valid dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 29 Medan, (2) Untuk memperoleh E-LKPD yang praktis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 29 Medan, (3) Untuk memperoleh E-LKPD yang efektif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi E-LKPD, tes keterampilan pemecahan masalah (pretest dan postest), dan lembar validasi instrumen tes. Setelah instrumen dan E-LKPD dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan juga ahli materi, kemudian dilanjutkan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dari validator dengan persentase rata-rata validasi E-LKPD pada ahli materi sebesar 3,68 dan ahli media sebesar 3,76 dengan kategori sangat layak (SL), (2) E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru yang berada pada kategori rentang 76%-100% dan dikategorikan sangat praktis, (3) E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,62%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 86,30 yang artinya telah tercapai indikator/ketentutasan tujuan pembelajaran, (c) respon siswa positif, dan (d) keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengaplikasikan E-LKPD mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest sebesar 28,70 menjadi 86,30 pada rata-rata nilai postest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,80 dengan kategori tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2023 MAT 062 |
| Keywords: | Problem based learning; Pemecahan masalah; Sistem persamaan linear dua variabel; Lembar kerja peserta didik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 09 Nov 2023 08:07 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53552 |
