Putri, Tri Ananda (2016) IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA PADA SMK TAMANSISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113321036 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 3113321036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM. 3113321036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3113321036 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 3113321036 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 3113321036 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3113321036 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3113321036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
12. NIM. 3113321036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM. 3113321036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada SMK Tamansiswa di Kota Tebing Tinggi, untuk mengetahui implementasi tujuan, prinsip dan fungsi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada SMK Taman Siswa di Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Tamansiswa Jalan Deblot Sundoro No.9 Kota Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisa data yang digunakan yaitu heuristik data, verifikasi data, menginterpretasikan data, manganalisa data, dan membuat kesimpulan (historiografi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implemntasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dari perilaku pamong sebagai Ing Ngarso Sung Tuladha terlihat dari keteladanan pamong SMK TI Tamansiswa yang memiliki sikap bertanggung jawab seperti, hadir kesekolah dengan tepat waktu, pamong mengucapkan salam dan berdoa ketika masuk ke dalam kelas serta berpakaian rapi. Perilaku pamong sebagai Ing Madya Mangun Karsa terlihat dari guru memberikan motivasi belajar kepada siswa, memberikan apresiasi dan bersikap sabar serta kekeluargaan. Pamong berperilaku sebagai Tut Wuri Handayani terlihat dari pamong yang mendorong dan mengembangkan kemampuan siswanya untuk berprestasi. Pamong mengimplementasikan tujuan Trilogi Pendidikan dengan cara menciptakan suasana tertib dan damai di lingkungan sekolah dan membentuk siswa yang merdeka mampu berdiri sendiri. Pamong mengimplementasikan prinsip Trilogi Pendidikan dengan cara menerapkan prinsip kebebasan kepada siswa. Siswa bebas untuk berkreativitas sesuai dengan kemampuannya. Pamong mengimplemantasikan fungsi Trilogi Pendidikan dengan cara mengembangkan potensi kodrati anak. Pamong mengarahkan kemampuan siswa sesuai dengan bakat siswanya. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara serta tujuan, prinsip dan fungsinya berjalan baik dan memberikan pengaruh terhadap prestasi siswa SMK Teknologi dan Industri Tamansiswa Kota Tebing Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 027 |
Keywords: | Implementasi; Trilogi Pendidikan; SMK Tamansiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 May 2016 08:57 |
Last Modified: | 20 May 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5353 |