Panjaitan, Inton Dolly (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu PhET Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Kelas X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186176002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8186176002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM. 8186176002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 8186176002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 8186176002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 8186176002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 8186176002 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186176002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM. 8186176002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM. 8186176002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 8186176002 BILBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model problem based learning berbantu PhET terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dan menganalisis N-gain pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Tempat dilaksanakannya penelitian yaitu di SMA Negeri 7 Medan pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen.. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan model problem based learning berbantu PhET terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dikelas dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 ; (2) N-gain pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa lebih tinggi pada kelas yang menggunakan model problem based learning berbantu PhET dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dengan nilai rata-rata N-gain pemahaman konsep di kelas eksperimen 0.67 dikategori sedang dan rata-rata N-gain pemahaman konsep di kelas kontrol 0.44 dikategori sedang. Rata-rata N-gain kemampuan pemecahan masalah di kelas eksperimen 0.61 sedangkan rata-rata N-gain kemampuan pemecahan masalah di kelas kontrol 0.39.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Pan p |
Keywords: | problem based learning, PhET, kuasi eksperimen, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 01:51 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53528 |