Simanungkalit, Wirda Hannum (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI JAMUR KELAS X MIA SMA NEGERI 18 MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341083 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4173341083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM 4173341083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 4173341083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5. NIM 4173341083 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 4173341083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
13. NIM 4173341083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
14. NIM 4173341083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media sosial whatsapp sebagai penunjang pembelajaran biologi dan mengetahui keunnggulan serta kendala yang dialamai oleh siswa kelas X MIA SMA Negeri 18 Medan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari-April 2022 di SMA Negeri 18 Medan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media sosial whatsapp sebagai penunjang pembelajaran biologi. Hasil penelitian persepsi siswa dikategorikan baik yaitu sebesar 77% hal ini menandakan bahwa siswa berpendapat aplikasi media sosial whatsapp ini baik digunakan sebagai salah satu media komunikasi penunjang proses pembelajaran. Dan keunggulan media sosial whatsapp dalam pembelajaran yaitu sebesar 86 % termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa berpendapat aplikasi media sosial ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi media yang lain, keunggulan media sosial whatsapp ini antara lain dapat mempermudah komunikasi antara siswa dan guru dan guru mudah mengirimkan materi dan tugas kepada siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Sementara saat penggunaan aplikasi whatsapp ini juga memiliki beberapa kendala namun dengan adanya whatsapp ini mempermudah guru untuk menjangkau semua siswa hal ini dikategorikan baik dengan hasil 71%, kendala-kendala yang dialami antara lain kendala jaringan, kendala karena tidak semua siswa memiliki handphone untuk mengikuti jadwal pelajaran, keterbatasan guru untuk menilai siswa secara langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 096 |
Keywords: | Persepsi siswa; Whatsapp; Jamur; Pembelajaran biologi; Media sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 09:07 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53510 |