Gultom, Mita Miranda (2022) IMPLIKASI PROJECT BASED LEARNING MATERI PROTISTA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 1 BESITANG T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183141047 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 4183141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 4183141047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4183141047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 4183141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM 4183141047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM 4183141047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 4183141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada materi protista di kelas X MIA SMA N 1 Besitang T.P 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas X MIA SMA N 1 Besitang T.P. 2021/2022. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas berjumlah 70 siswa yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest dan angket kemandirian belajar. Nilai persentase tertinggi kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 83,33%, dan nilai persentase terendah 66,67% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan pada kelas kontrol nilai persentase tertinggi 76,67% dan nilai persentase terendah 61,67% dengan kriteria tinggi. Kelas eksperimen rata-rata skor pretest adalah 33,37, dan rata-rata skor posttest adalah 85,03, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata skor pretest adalah 33,26, dan rata-rata skor posttest adalah 78,74. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh nilai n-gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen dan 0,69 dengan kategori sedang pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemandirian belajar, diperoleh nilai (2-tailed) sebesar 0,000, maka nilai (2-tailed) < 0,05 terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa pada materi protista kelas X MIA SMA N 1 Besitang T.P 2021/2022. Uji hipotesis hasil belajar diperoleh nilai (2-tailed) sebesar 0,000, maka nilai (2-tailed) < 0,05 terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi protista kelas X MIA SMA N 1 Besitang T.P 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 110 |
Keywords: | Project based learning; Kemandirian belajar; Hasil belajar; Protista |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:09 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53502 |