Hombing, Cintia Amelia (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 BILAH HULU PADA MATERI PROTISTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183341021 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 4183341021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
3. NIM. 4183341021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM. 4183341021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM. 4183341021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM. 4183341021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM. 4183341021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. NIM. 4183341021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis android dalam proses pembelajaran biologi dan pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian adalah eksperimen dengan Two Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hulu yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 64 orang. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 orang dan X MIA 4 dengan jumlah 32 orang sehingga jumlah seluruh sampel yaitu 64 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dilihat dari keaktifan siswa-siswi dikelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan soal essay kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam proses pembelajaran pada materi protista di kelas X MIA SMA Negeri 1 Bilah Hulu berdasarkan penilaian dari tiga indikator yaitu siswa senang, tertarik serta mampu berpikir kritis didapatkan hasil dengan kategori baik (75 %). (2) Nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Bilah Hulu yang diajarkan dengan media interaktif berbasis android lebih tinggi (59,94) jika dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis yang diajarkan tanpa media interaktif berbasis android (48,47). Dan berdasarkan uji normalitas dan homogenitas nilai signifikan yang didapat lebih besar dari 0,05 serta hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan asymp sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai probabilitas sebesar 0,05 (0,000 0,05). Berdasarkan deskripsi N-gain kemampuan berpikir kritis dari jumlah keseluruhan siswa kelas eksperimen sebanyak 32 siswa yang memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis kategori sedang sebanyak 28 siswa (87,5%), dan rendah sebanyak 4 orang (12,5%). Artinya terdapat pengaruh media interaktif berbasis android terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi protista.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 095 |
Keywords: | Media pembelajaran; Media interaktif; Android; Berpikir kritis; Protista |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 08:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53489 |