Tanjung, Maryati Yusdarni (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM (SCIENCE,TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI PMIPA MAN TANJUNGBALAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181141027 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. 4181141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. 4181141027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4. 4181141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
5. 4181141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. 4181141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. 4181141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. 4181141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada kelas XI PMIPA MAN Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas XI PMIPA 4 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PjBL-STEM dan XI PMIPA 5 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 43,88 dan 84,48, dan pada kelas kontrol 43,76 dan 80,85. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-test menggunakan SPSS Versi 21. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa model pembelajaran PjBL-STEM efektif digunakan terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada kelas XI PMIPA MAN Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada kelas eksperimen ketuntasan belajar siswa tuntas, tingkat penguasaan siswa terpenuhi dan ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Dan pada kelas kontrol ketuntasan belajar siswa belum tuntas, tingkat penguasaan materi terpenuhi dan ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBl-STEM efektif digunakan terhadap hasil belajar materi sistem pernapasan pada kelas XI PMIPA MAN Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 083 |
Keywords: | Project based learning; Sistem pernapasan; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53484 |