PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KUALA T.A 2020/2021

Sintia (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KUALA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161121024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161121024 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161121024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161121024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161121024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161121024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161121024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161121024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161121024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161121024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161121024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161121024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161121024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui respon siswa dalam model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Kuala T.A 2020/2021. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kuala T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Disain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data dengan memberikan lembar soal kognitif sebanyak 22 butir soal dan lembar angket respon siswa sebanyak 20 butir pernyataan kepada siswa pada saat sesudah kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,06 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol 80,37. Umtuk nilai rata-rata angket respon siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis google classroom 82,00. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t (independent samples t-test), diperoleh Sig. 0,031 dengan α = 0,05 (Sig. < 0,05). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kuala T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 065
Keywords: Blended learning; Google classroom; Usaha; Energi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Oct 2023 09:12
Last Modified: 26 Oct 2023 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53479

Actions (login required)

View Item
View Item