Sintia (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KUALA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161121024 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 4161121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM 4161121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM 4161121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4161121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. NIM 4161121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM 4161121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
14. NIM 4161121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui respon siswa dalam model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Kuala T.A 2020/2021. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kuala T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Disain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data dengan memberikan lembar soal kognitif sebanyak 22 butir soal dan lembar angket respon siswa sebanyak 20 butir pernyataan kepada siswa pada saat sesudah kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,06 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol 80,37. Umtuk nilai rata-rata angket respon siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis google classroom 82,00. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t (independent samples t-test), diperoleh Sig. 0,031 dengan α = 0,05 (Sig. < 0,05). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kuala T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 065 |
Keywords: | Blended learning; Google classroom; Usaha; Energi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 09:12 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53479 |