Amelia, Rizki (2022) PENGEMBANGAN VIDEO EKSPERIMEN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PEMUAIAN ZAT PADAT DI SMAN 1 DOLOK BATU NANGGAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172121031 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4172121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM. 4172121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 4172121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 4172121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4172121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM. 4172121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4172121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video eksperimen yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika, mengetahui respon pengguna terhadap media pembelajaran yang sudah dikembangkan dan mengukur keefektifan media pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konseptual peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang peserta didik SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli media, angket respon guru bidang studi dan peserta didik serta soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan, diperoleh validasi dosen ahli materi sebesar 94,5% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon guru fisika SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar yaitu sangat layak dengan presentase 98%. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan responden 10 orang mendapatkan respon sangat baik dengan persentase 88,5%. Sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan responden 30 orang mendapatkan respon sangat baik dengan persentase 88,5%. Berdasarkan perhitungan nilai gain, media pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dalam keefektifan meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik dengan nilai 0,76. Dengan demikian, media video eksperimen yang dikembangkan layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada materi pemuaian zat padat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 057 |
Keywords: | Video eksperimen; Problem based learning; Adobe premiere pro; Pemuaian zat padat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:57 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53475 |