PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERBASIS WEB PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Hidayah, Putri (2022) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERBASIS WEB PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183131023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183131023 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183131023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183131023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183131023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183131023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183131023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183131023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183131023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183131023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183131023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183131023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183131023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) analisis proses belajar mengajar pada mata pelajaran kimia, (2) hasil pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli, (3) hasil penggunaan tes diagnostik berbasis web dalam mengukur miskonsepsi siswa pada setiap subkonsep materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, (4) tanggapan responden terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap perlakuan yaitu analisis (melakukan analisis kebutuhan), desain (merancang produk), pengembangan (melakukan uji kelayakan produk), implementasi (uji coba produk) dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) analisis proses belajar mengajar di SMAS PAB 4 Sampali telah menerapkan kurikulum 2013 dengan menggunakan metode ceramah, diskusi serta tanya jawab, namun belum menerapkan tes diagnostik untuk mengidentifikasi kelemahan siswa. (2) Persentase kelayakan materi 87,18% dengan kriteria sangat layak dan persentase kelayakan media 89,55% dengan kriteria sangat layak (3) Persentase miskonsepsi siswa pada subkonsep sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit (30%), pengelompokkan larutan elektrolit berdasarkan daya hantar listrik (28%), penyebab larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik (32%), pengelompokkan larutan elektrolit berdasarkan jenis ikatan kimia (56%), dan kekuatan elektrolit berdasarkan derajat ionisasi (48%). (4) Respon guru terhadap tes diagnostik berbasis web diperoleh rata-rata 94% dan rata-rata respon siswa 87,72%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 055
Keywords: Tes diagnostik; Pemahaman konsep; Larutan elektrolit; Larutan nonelektrolit; Website
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:42
Last Modified: 19 Oct 2023 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53448

Actions (login required)

View Item
View Item