Sutresman (2015) KONTRIBUSI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU IPA BIOLOGI DALAM MEMPRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMP KOTA PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
8136174028-Sutresman-Cover.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Abstrak..pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Daftar Isi...pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Bab. I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Bab. V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8136174028-Sutresman-Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru IPA Biologi terhadap TIK serta kemampuannya dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK di SMP Kota Pematangsiantar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kompetensi guru IPA Biologi di SMP Kota Pematangsiantar setelah dilaksanakan pelatihan. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru IPA yang mengajar Biologi di kelas VII dan VIII SMP Kota Pematangsiantar. Untuk memperoleh data dari hasil pelatihan ini dilakukan observasi langsung dan test performance sebelum dan sesudah pelatihan. Tekhnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan skor dan persentase. Pada setiap guru yang diteliti diberikan angket observasi sebanyak 35 butir indikator pernyataan dikelompokan ke dalam empat aspek dan test performance sebanyak 22 indikator pertanyaan dikelompokan ke dalam dua aspek
Jenis penelitian yang dilakukan adalah peneliti pengembangan. Sebelum perlakuan diberikan kepada guru, terlebih dahulu dilakukan observasi persepsi guru. Skor observasi persepsi guru 625, sember media 759, alat bantu 347, faktor pendukung 207. Skor test performance sebelum pelatihan 139 untuk mengoperasikan komputer laptop, 672 untuk mengembangkan Power Point dan 711 untuk mengembangkan Windows Movie Maker. Skor test performance sesudah pelatihan 176 untuk mengoperasikan komputer laptop, 978 untuk mengembangkan Power Point dan 943 untuk mengembangkan Windows Movie Maker. Skor tertinggi guru mengembangkan Power Point 64 dan mengembangkan Wiondows Movie Maker 60.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.707 1 Sut k |
Keywords: | Persepsi guru; Kompetensi guru; Kompetensi kepribadian; Kompetensi sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2016 07:22 |
Last Modified: | 20 May 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5344 |