Berutu, Juniaty (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CHEMSKETCH PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4182131004 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4182131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 4182131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 4182131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 4182131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM. 4182131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 4182131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4182131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan dua model pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari masing-masing model yang diterapkan. Penelitian dilakukan pada kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa sebanyak 2 kelas eksperimen. Kelas MIPA 2 dengan Project Based Learning dan MIPA 3 dengan Problem Based Learning. Masing-masing kelas diberikan pre-test sebelum proses pembelajaran dan post-test setelah proses pembelajaran. Soal pre-test dan post-test yang diberikan, berisi butir soal yang sama. Data yang didapatkan diolah dengan uji Wilcoxon dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada masing-masing kelas serta uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dari kedua model yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa bernilai positif pada masing-masing kelas dengan kategori tinggi, artinya nilai post-test lebih tinggi dibandingkan nilai pre-testnya. Dimana pada kelas MIPA 2 didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,79 sedangkan pada MIPA 3 sebesar 0,72. Namun terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kedua kelas. Dimana dari hasil uji Independent Sample T-Test rataan nilai post-test kelas MIPA 2 dengan rataan nilai post-test kelas MIPA 3 didapatkan nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 081 |
Keywords: | Project based learning; Problem based learning; ChemSketch; Ikatan kimia; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 09:15 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53438 |