PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CHEMSKETCH PADA MATERI IKATAN KIMIA

Berutu, Juniaty (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CHEMSKETCH PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4182131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4182131004 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4182131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4182131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4182131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4182131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4182131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4182131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4182131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4182131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4182131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4182131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4182131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4182131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4182131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4182131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan dua model pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari masing-masing model yang diterapkan. Penelitian dilakukan pada kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa sebanyak 2 kelas eksperimen. Kelas MIPA 2 dengan Project Based Learning dan MIPA 3 dengan Problem Based Learning. Masing-masing kelas diberikan pre-test sebelum proses pembelajaran dan post-test setelah proses pembelajaran. Soal pre-test dan post-test yang diberikan, berisi butir soal yang sama. Data yang didapatkan diolah dengan uji Wilcoxon dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada masing-masing kelas serta uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dari kedua model yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa bernilai positif pada masing-masing kelas dengan kategori tinggi, artinya nilai post-test lebih tinggi dibandingkan nilai pre-testnya. Dimana pada kelas MIPA 2 didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,79 sedangkan pada MIPA 3 sebesar 0,72. Namun terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kedua kelas. Dimana dari hasil uji Independent Sample T-Test rataan nilai post-test kelas MIPA 2 dengan rataan nilai post-test kelas MIPA 3 didapatkan nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 081
Keywords: Project based learning; Problem based learning; ChemSketch; Ikatan kimia; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:15
Last Modified: 12 Oct 2023 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53438

Actions (login required)

View Item
View Item