Sihombing, Indah Sari (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROYEK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181131021 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4181131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 4181131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4181131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 4181131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9. NIM. 4181131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM. 4181131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM. 4181131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil analisis bahan ajar kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang digunakan di sekolah menurut standar BSNP, (2) Untuk pengembangan e-modul materi larutan elektrolit dan non elektrolit sesuai kriteria kelayakan BSNP dan sudah berbasis proyek, dan (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan e-modul berbasis proyek. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 5 yang dibelajarkan dengan e-modul kimia berbasis proyek. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan e-modul sesuai dengan standar BSNP, tes hasil belajar sebanyak 20 soal yang telah teruji valid. Penelitian ini menggunakan metode dan pengembangan media (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan, yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, Dan Evaluation. Dimana hasil analisis kelayakan e-modul aspek kelayakan isi adalah 3,82; kelayakan bahasa adalah 3,83; kelayakan penyajian 3,81 dan kelayakan kegrafikan 3,77 artinya bahwa bahan ajar hasil dari uji coba sangat valid berdasarkan BSNP. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan e-modul berbasis proyek dalam satu kelas yaitu 78.8095. Hasil uji t-pihak kanan dengan thitung = 4,147> ttabel = 2,086. Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung > ttabel terpenuhi. Artinya Ho ditolak, Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran kimia berbasis proyek yang dikembangkan lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 046 |
Keywords: | E-modul; Pembelajaran berbasis proyek; Hasil belajar; Larutan elektrolit Larutan non elektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 08:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53437 |