PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI LITERASI SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI

Ginting, Feronica Agustina (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI LITERASI SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183331013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183331013 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183331013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183331013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183331013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183331013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183331013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183331013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183331013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183331013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183331013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183331013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183331013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183331013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183331013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183331013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Modul disusun untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan perangkat kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan mengembangkan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada materi laju reaksi. Penelitian ini mengacu pada langkah – langkah Borg and Gall yang dibatasi sampai lima tahapan. Tahapan pertama dimulai dengan pengumpulan data dan informasi, perencanaan pengembangan modul berbasis discovery learning, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. Modul yang sudah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi masing – masing sebanyak tiga orang dosen kimia Universitas Negeri Medan. Kemudian modul di uji cobakan dengan melihat respon menggunakan angket terhadap modul yang dikembangkan kepada 3 orang guru kimia dan siswa kelas XI SMA N 1 Bangun Purbayang berjumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada materi laju reaksi dinyatakan layak setelah di validasi dengan memperoleh persentase rata – rata ahli media 83,2%, rata – rata ahli materi 85,4%. Dan modul dinyatakan menarik setelah memperoleh persentase dengan rata – rata respon guru 94,6% dan respon siswa memperoleh rata – rata 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 080
Keywords: Modul; Discovery learning; Literasi sains; Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:58
Last Modified: 12 Oct 2023 05:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53432

Actions (login required)

View Item
View Item