Sihombing, David Frans Pardamean (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183331036 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4183331036 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM 4183331036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM 4183331036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4183331036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
9. NIM 4183331036 BAB I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
13. 4183331036 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. 4183331036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Keefektifan media pembelajaran berbasis Android terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia; (2) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada materi termokimia; (3) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran kimia berbasis Android sama dengan nilai KKM. Penelitian ini dilakukan disekolah SMA Negeri 5 Medan dengan total sampel sebanyak 68 orang. Instrumen penelitian ini terdiri atas tes dan kuesioner yang telah terstandarisasi. Teknik analisis yang digunakan: (1) Uji t dua pihak (Independent Samples T test); dan (2) Uji One Sample Test. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Media pembelajaran kimia berbasis Android efektiv terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia, dengan uji thitung sebesar 7,063 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00. Kemudian berdasarkan Gain Score diperoleh uji thitung sebesar 6,843 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00; (2) Respon siswa “Sangat Menarik” dengan persentase masing-masing aspek 92,27%, 93,93% dan 92,12%, terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada materi termokimia; (3) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran kimia berbasis Android tidak sama dengan nilai KKM, dimana , t hitung (2,126) > t tabel (2,032).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 101 |
Keywords: | Android; Termokimia; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:48 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53427 |