Lingga, Aknes Dianti (2022) PENERAPAN MEDIA E-BOOKLET DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181131001 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 4181131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. NIM. 4181131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 4181131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 4181131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM. 4181131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM. 4181131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4181131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas PAB 8 Saentis Percut Sei Tuan yang dibelajarkan dengan media E-booklet lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media PPT. Penelitian dilaksanakan pada bulan November-Desember 2021 di SMAS PAB 8 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling dengan cara undian selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif sekitar 25 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-Experimental Design). Teknik Pengumpulan data dimulai dengan tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitas, lalu dilakukan uji hipotesis dengan SPSS Statistics 20 dengan kriteria taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen 1 dengan menggunakan media e-booklet dalam proses pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen 2 dengan menggunakan media PPT dalam proses pembelajaran. Selanjutnya juga diperoleh bahwa rataan nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media E-booklet lebih tinggi dari KKM, dengan penerapan e-booklet dalam pembelajaran diperoleh persentase yang mencapai KKM adalah 84%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 052 |
Keywords: | E-booklet; Ikatan kimia; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 07:07 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53422 |