LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN STRATEGI MERUBAH TANTANGAN MENJADI PELUANG DI PERGURUAN TINGGI (Implikasi Positif Kebijakan Perkuliahan Daring Ditengah Pandemi Covid 19 Terhadap Percepatan Perwujudan Rencana Strategis UNIMED 2020-2024 Bidang Implementasi Blended Learning Berbasis Platform Ri 4.0 Dan Super Smart Society) Tanggal dan tempat diumumkan untuk pertama kali di wilayah Indonesia atau di luar wilayah Indonesia : 31 Januari 2022, di

Darwin and Mudjisusatyo, Yuniarto (2020) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN STRATEGI MERUBAH TANTANGAN MENJADI PELUANG DI PERGURUAN TINGGI (Implikasi Positif Kebijakan Perkuliahan Daring Ditengah Pandemi Covid 19 Terhadap Percepatan Perwujudan Rencana Strategis UNIMED 2020-2024 Bidang Implementasi Blended Learning Berbasis Platform Ri 4.0 Dan Super Smart Society) Tanggal dan tempat diumumkan untuk pertama kali di wilayah Indonesia atau di luar wilayah Indonesia : 31 Januari 2022, di. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan
tinggi di Universitas Negeri Medan (Unimed). Penerapan kebijakan kuncian, jarak fisik,
dan pembatasan sosial berskala besar memerlukan pembelajaran online. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) Menganalisis permasalahan dan persiapan yang dihadapi dosen
dalam melakukan pembelajaran daring pada masa pandemic covid 19. (2) Memetakan
capaian kinerja pembelajaran daring dosen UNIMED pada masa pandemic covid 19. (3)
Menganalisis pemahaman dan pemanfaatan dosen terhadap Sistem Pembelajaran Daring
(SIPDA) UNIMED (https://sipda.unimed.ac.id/). (4) Memetakan implikasi positif
kebijakan perkuliahan daring ditengah pandemi covid 19 (virus corona) terhadap
implementasi blended learning berbasis platform RI 4.0 dan super smart society. (5)
Menganalisis manajemen “trengginas” sebagai refleksi perubahan cepat paradigma
organisasi perguruan tinggi berbasis shock learning dan agil management. (6)
Merumuskan strategi merubah tantangan musibah pandemi covid 19 menjadi peluang
percepatan pemenuhan indicator kinerja Renstra UNIMED bidang implementasi
blended learning berbasis platform RI 4.0 dan super smart society.
Metode penelitian yang akan digunakan adalah survey, sampling, dan deskriptif
analisis kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen UNIMED yang berjumlah
979 dengan sampel 286 dosen. Penentuan responden dilakukan secara random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Permasalahan yang dihadapi dosen dalam
melakukan pembelajaran daring pada masa pandemic covid 19 adalah (a) keinginan
untuk berubah dan keyakinan berhasil melaksanakan perkuliahan secara daring bagi
dosen; (b) Permasalahan dukungan pengembangan kapasitas dosen. (c) Permasalahan
Penguasaan Dosen terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). (d)
Permasalahan Penyediaan Materi Pembelajaran. (e) Permasalahan Proses Pembelajaran
dalam perkuliahan secara daring. (f) Permasalahan keaktifan mahasiswa. (9)
Permasalahan kesulitan penanaman pendidikan karakter mahasiswa. (2) Capaian kinerja
pembelajaran daring dosen UNIMED pada masa pandemic covid-19 secara keseluruhan
dapat dilihat pada akhir semester dan saat ini masih berangsung, diproyeksi sampai akhir
bulan Nopember 2020. Dapat dipantau melalui laporan pembelajaran harian seperti S3
MP http://bit.ly/DHP-S3MP dan SIPDA. (3) Pemahaman dan Pemanfaatan dosen
terhadap Sistem Pembelajaran Daring (SIPDA) UNIMED adalah pada awal pandemi
Covid-19 40% dosen masih menggunakan media social dan SIPDA. Pada Mei dan Juni
2020 60% dosen telah menggunakan aplikasi web meeting dan SIPDA. Pencapaian
penggunaan pembelajaran online secara keseluruhan mencapai 88% akhir bulan Agustus
2020. (4) Implikasi positif perkuliahan daring ditengah pandemi covid 19 (virus corona)
terhadap pemenuhan indicator kinerja Rencana Strategik Unimed. (5) Strategi untuk
mengubah tantangan pandemi Covid-19 telah menjadi peluang dalam pemenuhi
indicator kinerja rencana strategis Unimed. (6) Rumusan model “manajemen trengginas”
berbasis shock learning, virtual shock dan agile management sebagai model alternative
dimasa krisis.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: kebijakan; waktu perkuliahan; kurikulum; perguruan tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Jun 2023 23:30
Last Modified: 24 Jun 2023 23:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53316

Actions (login required)

View Item
View Item