Machril:, Sadzali Yunaifi and Darwin (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EXE (ELEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN. Jurnal Education Building, 1 (1). pp. 96-104. ISSN 2477-4898
Article.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh media pembelajaran EXE (Elearning XHTML Editor) terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang dan cara pemilihan kelas secara acak. Kemudian didapat kelas X TGB-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB-2 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 22 soal yang diuji cobakan terlebih dahulu. Sebelum adanya perlakuan, kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian setelah adanya perlakuan diberikan Post-test untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Konstruksi Bangunan yang diajar dengan media pembelajaran EXE (Elearning XHTML Editor) lebih besar dari yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis untuk thitung = 2,263 dan ttabel yang diperoleh berdasarkan interpolasi pada taraf α = 0,05 adalah 1,67. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran elearning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan tehadap hasil belajar Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, EXE, Hasil Belajar, Konstruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 08:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 14:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53284 |