Hakim, M. Fadhil Al (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN BERPIKIR KRITIS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3113321019 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 3113321019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
3. NIM 3113321019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM 3113321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM 3113321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM 3113321019 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM 3113321019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM 3113321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
12. NIM 3113321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM 3113321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap pembentukan berpikir kritis oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 280 siswa. Dari 280 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 35 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan untuk menbentuk berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model discovery learning masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 60,71, sedangkan kemampuan untuk membentuk berpikir kritis siswa sesudah menggunakan model discovery learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,42. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (9,94) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima, yang artinya ada pengaruh model discovery learning terhadap pembentukan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran sejarah sesudah menggunakan model discovery learning lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model discovery learning, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model discovery learning berpengaruh positif terhadap pembentukan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 004 |
Keywords: | Discovery Learning; Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2016 02:22 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5313 |