Sari, Dewi Sartika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENGETAHUAN BIOLOGI, SIKAP ILMIAH, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA DIPONEGORO KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136173004 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
2. NIM 8136173004 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM 8136173004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM 8136173004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 8136173004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 8136173004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8136173004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8136173004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8136173004 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13.NIM 8136173004 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 8136173004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan biologi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek, dan penemuan terbimbing; (2) Keterampilan Proses sains siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek, dan penemuan terbimbing; (3) Sikap ilmiah siswa dengan pembelajaran berbasis proyek, dan penemuan terbimbing. Penelitian inimenggunakan quasi experiment dengan pre test-post test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Diponegoro Kisaran sebanyak 3 kelas, dengan jumlah 120 siswa. Sampel diambil secara total sampling. Kelas X1 siswa dibelajarkan menggunakan pembelajaran guided discovery, kelas X2 siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, dan kelas X3 siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengaruh perlakuan terhadap sikap ilmiah siswa dianalisis dengan One Way Anava. Pengaruh perlakuan terhadap pengetahuan biologi dan keterampilan proses sains dianalisis dengan Anacova pada taraf signifikan α = 0,05. Uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey .Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa; (1) Pengetahuan biologi siswa yang dibelajarkan dengan PBP (73,45 ± 9,54) tidak berbeda signifikan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran GD (75,14 ± 7,79), namun lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (68,69 ± 8,25), dengan (Fhitung = 1,812 ; P = 0,16); (2) Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan PBP (48,37 ± 13,72) tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran GD (55,97 ± 13,92), namun lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (39,50 ± 19,61); dan (3) Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan PBP (74,64 ± 4,55) sangat signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan GD (71,86 ± 5,72), dan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional (68 ± 3,35), dengan (Fhitung= 21,92 ; P = 0,000). Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap pengetahuan biologi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.012 071 2 Sar p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran biologi; Pembelajaran berbasis proyek; Pembelajaran konvensional; Penemuan terbimbing; Taksonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 May 2016 08:00 |
Last Modified: | 18 May 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5309 |