Lubis, Muhammad Adlan (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR, SIKAP ILMIAH DAN RETENSI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174021 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. NIM. 8136174021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8136174021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
4. NIM. 8136174021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 8136174021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
6. NIM. 8136174021 TABLES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM. 8136174021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM. 8136174021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
9. NIM. 8136174021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM. 8136174021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
14. NIM. 8136174021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap: (1) hasil belajar siswa, (2) sikap ilmiah dan, (3) retensi siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray (TSTS), kelas B dengan model pembelajaran artikulasi dan kelas C (kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes retensi memori dan hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan tes sikap ilmiah dalam bentuk angket sikap ilmiah. Teknik analisis data untuk hasil belajar menggunakan Analisis Kovarians (ANAKOVA) dan untuk retensi memori dan sikap ilmiah menggunakan Analisis Varians (ANAVA) satu jalur pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh signifikan model pembelajaran TSTS (84,71 ± 14,729); artikulasi (82,29 ± 15,942), dan konvensional (50,70 ± 23,628) terhadap hasil belajar siswa.(2) tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran TSTS (81,82 ± 4,397); artikulasi (81,71 ± 6,030); dan konvensional (79,62 ± 5,309) terhadap sikap ilmiah siswa. (3) ada pengaruh signifikan model pembelajaran artikulasi (76,86 ± 18,710); TSTS (72,43 ± 20,025) dan konvensional (44,86 ± 21,461) terhadap kemampuan retensi siswa. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar, sikap ilmiah dan retensi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS dan artikulasi lebih tinggi dibandingkan dengan konvensional. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran TSTS dan artikulasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan retensi, sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Dan hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS dan artikulasi mengakomodasikan siswa kedalam proses mengingat (retensi) yang lebih baik serta meningkatkan hasil belajar di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Lub p |
Keywords: | Retensi siswa; Sikap ilmiah; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran artikulasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2016 08:40 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5290 |