ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL SMP DAN SOAL PISA PADA KONTEN PENGETAHUAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DUA DIMENSI

Dongoran, Jhonas (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL SMP DAN SOAL PISA PADA KONTEN PENGETAHUAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DUA DIMENSI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1- Cover.pdf]
Preview
Text
1- Cover.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2- Per. Pembimbing & Penguji.pdf]
Preview
Text
2- Per. Pembimbing & Penguji.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 3- Abstrak (Indo & Ing).pdf]
Preview
Text
3- Abstrak (Indo & Ing).pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 6- Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6- Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 7- Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7- Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8- Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8- Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB I JHONAS DONGORAN.pdf]
Preview
Text
BAB I JHONAS DONGORAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB V JHONAS DONGORAN.pdf]
Preview
Text
BAB V JHONAS DONGORAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal UN SMP mata pelajaran IPA TA. 2011/2012, TA. 2012/2013, dan TA. 2013/2014 dan soal literasi sains PISA yang dipublikasikan oleh OECD dalam Take The Test: Sample questions from PISA publication pada tahun 2009 pada konten pengetahuan Biologi berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jumlah dan persentasi soal tertinggi dan terrendah pada soal UN berdasarkan Kompetensi pada kisi-kisi ujian nasional, (2) persentase peta kognitif soal UN berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi, (3) persentase peta kognitif soal literasi sains PISA berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi, dan (4) perbandingan persentase level soal UN SMP dengan soal literasi sains PISA pada konten pengetahuan Biologi berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) jumlah dan persentase soal tertinggi terdapat pada Kompetensi 12 yang masing-masing terdiri dari 6 butir soal dengan persentase 33,3%, 35,3%, dan 35,3%. Sedangkan jumlah dan persentase soal terrendah terdapat pada Kompetensi 10 yang masing-masing terdiri dari 2 butir soal dengan persentase 11,1%, 11,8%, dan 11,8%, (2) berdasarkan dimensi kognitif pada soal UN TA. 2011/2012, TA. 2012/2013, dan TA. 2013/2014 berturut-turut terdiri dari C1 (5,56%, 23,53%, 5,89%), C2 (55,56%, 41,17%, 52,94%), C3 (5,56%, 17,65%, 23,53%), C4 (33,32%, 17,65%, 17,64%). Berdasarkan dimensi pengetahuan, soal UN TA. 2011/2012, TA. 2012/2013, dan TA. 2013/2014 berturut-turut terdiri dari pengetahuan faktual (27,78%, 58,82%, 64,71%), konseptual (55,56%, 29,41%, 23,53%), prosedural (16,65%, 11,77%, 11,76%), (3) berdasarkan dimensi kognitif pada soal literasi sains PISA berturut-turut terdiri dari C2 (33,85%), C3 (6,16%), C4 (41,54%), C5 (15,38%), dan C6 (3,07%). Berdasarkan dimensi pengetahuan, soal literasi sain PISA berturut-turut terdiri dari pengetahuan faktual (10,77%), konseptual (46,15%), prosedural (21,54%), dan meta-kognitif (21,54%), (4) perbandingan level soal UN dan soal PISA berdasarkan dimensi kognitif berturut-turut terdiri dari C1 (11,54% : 0%), C2 (50,00% : 33,85%), C3 (15,39% : 6,16%), C4 (23,07% : 41,54%), C5 (0% : 15,38%), C6 (0% : 3,07%). Berdasarkan dimensi pengetahuan, soal UN dan soal PISA berturut-turut terdiri dari faktual (50,00% : 10,77%), konseptual (36,54% : 46,15%), prosedural (13,46% : 21,54%), dan meta-kognitif (0% : 21,54%). Penelitian ini hanya menganalisis soal UN dan soal PISA berdasarkan taksonomi Bloom dua dimensi sehingga perlu dikembangkan secara lebih luas ditinjau dari aspek yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 578.012 071 Don a
Keywords: Sasaran evaluasi; Alat evaluasi; Tes; Ujian nasional; Soal; Literasi sains; Taksonomi bloom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 May 2016 08:35
Last Modified: 17 May 2016 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5288

Actions (login required)

View Item
View Item