Kelayakan Modul Pembelajaran Digital Mata Kuliah Ilmu Bahan Otomotif

Pakpahan, Binsar Maruli Tua and Yulia, Erma and Purba, Saut (2022) Kelayakan Modul Pembelajaran Digital Mata Kuliah Ilmu Bahan Otomotif. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (6). pp. 2152-2157. ISSN E-ISSN: 2685-936X ; P-ISSN: 2685-9351

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Turnitin 2.pdf]
Preview
Text
Turnitin 2.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat materi media pembelajaran dapat ditampilkan dengan menggunakan peralatan digital (elektronik). Media pembelajaran digital lebih interaktif dan dapat disimpan dalam bentuk softcopy sehingga mudah diterapkan tanpa batasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajran digital mata kuliah ilmu bahan otomotif di prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Pengembangan modul pembelajaran digital menggunakan pendekatan research and development (R and D), Sebagai acuan dalam mengembangkan mudul digital menggunakan 3 langkah dari model ADDIE (Analysis, Design, Development). Teknik pengumpulan data dalam menilai kelayakan modul pembelajaran digital dilakukan dengan penyebaran angket. Subjek penelitian adalah 3 orang ahli yakni ahli desain pembelajaran ahli materi ilmu bahan dan ahli media. Kriteria penilaian kelayakan oleh ahli pada modul pembelajaran digital menggunakan skala likert, nilai kategori yaitu 5 (sangat baik), 4 (baik), 3 (cukup baik), 2 (kurang) dan 1 (sangat kurang), yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan ahli desain pembelajaran 4, 3 ahli materi 4, 5, dan ahli media pembelajaran 4, 2. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa modul pembelajaran digital ilmu bahan yang dikembangkan sangat layak untuk di implementasikan.

Item Type: Article
Keywords: Kelayakan, Modul digital, Ilmu Bahan, Otomotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Jun 2023 15:02
Last Modified: 21 Jun 2023 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52750

Actions (login required)

View Item
View Item