Sembiring, Ratih (2016) PERAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI JURUSAN IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 BANDAR TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015 “. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3113311035 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM.3113311035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM.3113311035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM.3113311035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM.3113311035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM.3113311035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM.3113311035 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM.3113311035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM.3113311035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM.3113311035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM.3113311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran PPKn dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru PPKn di kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015.
Dengan teknik pengumpulan data observasi dan angket langsung kepada siswa/ siswi kelas XI jurusan IPA SMA Negeri 2 Bandar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan variabel tunggal yaitu mengetahui peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran PPKn dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru PPKn di kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini, adapun metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kompetensi guru PPKn sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat dari kumulatif kompetensi pedagogik yang mencapai 79.99%, kompetensi profesional yang mencapai 78.75%, kompetensi sosial yang mencapai 85.41%, dan kompetensi kepribadian yang mencapai 91.66%. Keberhasilan kompetensi-kompetensi guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat terlihat dari persentase yang telah di dapatkan yaitu siswa/siswi termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui kompetensi yang dimiliki oleh guru PPKn SMA N 2 Bandar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PN 001 |
Keywords: | Pengertian Guru; Kompetensi Guru; Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:23 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5274 |