“Pedoman Penilaian Autentik (Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan) Berbasis Karakter untuk Guru Sekolah Dasar

Setiawan, Deny (2018) “Pedoman Penilaian Autentik (Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan) Berbasis Karakter untuk Guru Sekolah Dasar. CV. Aruaya Payung, Medan. ISBN 978-602-52692-2-6

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Menurut Clementsa dan Cord (2013) “penilaian merupakan komponen penting
dalam belajar dan lingkungan pembelajaran sertamemiliki peran dalam mengetahui hasil
pembelajaran”. Proses penilaian dalam pembelajarandilakukan untuk memperoleh data
mengenai perkembangan hasil belajar peserta didik. Instrumen penilaian hasil belajar harus
mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah. Sejak tahun 2013 telah diberlakukan
Kurikulum 2013 secara bertahap pada beberapa sekolah dan sampai tahun ini telah
diberlakukan secara menyeluruh di semua sekolah yang ada di Indonesia. Standar Penilaian
pada Kurikulum 2013 meliputi tiga aspek penilaian yaitu sikap, keterampilan dan
pengetahuan yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ingin
dicapai. Penilaian tersebut dikenal dengan penilaian autentik.
Dalam Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 dinyatakan bahwa penilaian hasil
belajar adalah proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta
didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan
kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dansistematis, selama dan
setelah proses pembelajaran.
Penilaian autentik adalah penilaian hasil belajar yang bermakna,
signifikan,menyeluruh dan terintegrasi dengan proses pembelajaran.Penilaian autentik
dikatakan bermakna karena tidak hanya mengukur hasil belajar anak secara teoritis tetapi
juga praktis di lapangansehingga dalam pembelajaran akan terjadi interaksi edukatif dan
sosial antara anak dengan lingkungan sekitar, bahkan penilaian juga digunakan selama
proses pembelajaran berlangsung dan setelah proses pembelajaran. Sebagaimana pendapat
Hosnan (2014:388) bahwa penilaian autentik bertujuan mengevaluasi kemampuan siswa
dalam konteks dunianyata. Dengan kata lain, siswa belajar mengaplikasikan pengetahuan
danketerampilan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan tugas-tugas
autentik.Menurut Komalasari (2013:148) Penilaian Autentik adalah suatu penilaianbelajar
yang merujuk pada situasi atau konteks dunia nyata, yang memerlukanberbagai macam
pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikankemungkinan bahwa satu
masalah bisa mempunyai lebih dari satu macam pemecahan.

Item Type: Book
Keywords: Hakekat Penilaian Autentik; Keberagaman Budaya Bangsaku; Bersyukur atas Keberagaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:59
Last Modified: 12 Jun 2023 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52697

Actions (login required)

View Item
View Item