PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN METODE OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV SDIT ALFAUZI MEDAN

Napitupulu, Safrida (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN METODE OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV SDIT ALFAUZI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.+NIM.8136182001_C0VER.pdf]
Preview
Text
1.+NIM.8136182001_C0VER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2+NIM.+8136182001_LEMBAR+PERSETUJUAN+&+S+PERNYATAAN(1).pdf]
Preview
Text
2+NIM.+8136182001_LEMBAR+PERSETUJUAN+&+S+PERNYATAAN(1).pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM . 8136182001_ ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM . 8136182001_ ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4.+NIM.+8136182001_KATA+PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.+NIM.+8136182001_KATA+PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5.+NIM.+8136182001_DAFTAR+ISI.pdf]
Preview
Text
5.+NIM.+8136182001_DAFTAR+ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 6.+NIM.+8136182001_DAFTAR+TABEL.pdf]
Preview
Text
6.+NIM.+8136182001_DAFTAR+TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7.+NIM.+8136182001_DAFTAR+GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.+NIM.+8136182001_DAFTAR+GAMBAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8.+NIM.+8136182001_DAFTAR+LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.+NIM.+8136182001_DAFTAR+LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 9.+NIM.+8136182001_+BAB+I.pdf]
Preview
Text
9.+NIM.+8136182001_+BAB+I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 13.+NIM.+8136182001_BAB+V.pdf]
Preview
Text
13.+NIM.+8136182001_BAB+V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 14.+NIM.+8136182001_DAFTAR+PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.+NIM.+8136182001_DAFTAR+PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dan efektifitas penerapan serta mengetahui respon siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik Dengan Metode Open Ended Kelas IV SDIT Alfauzi Medan. T.P 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah penelitian kolaboratif dengan teman sejawat untuk menciptakan kinerja sekolah yang lebih baik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 7 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 8 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan dismpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan metode open ended untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi operasi campuran bilangan bulat pada kelas IV hal ini dibuktikan dari: 1) terjadi peningkatan efektifitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan metode open ended pada materi operasi bilangan bulat dikelas IV, yaitu pada siklus I terdapat rata-rata nilai post test siswa 3,76 dan sebanyak 5 siswa atau 20% yang dinyatakan tuntas belajar karena memperoleh nilai ≥ 60 . Pada siklu II rata-rata nilai siswa sebesar 7,80 dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 21 siswa atau 84%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Nap p
Keywords: Hakikat belajar; Matematika; Realistik; Komunikasi matematis; Materi operasi hitungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 May 2016 08:57
Last Modified: 16 May 2016 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5269

Actions (login required)

View Item
View Item