Napitupulu, Safrida (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN METODE OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV SDIT ALFAUZI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.+NIM.8136182001_C0VER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2+NIM.+8136182001_LEMBAR+PERSETUJUAN+&+S+PERNYATAAN(1).pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM . 8136182001_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4.+NIM.+8136182001_KATA+PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5.+NIM.+8136182001_DAFTAR+ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6.+NIM.+8136182001_DAFTAR+TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7.+NIM.+8136182001_DAFTAR+GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8.+NIM.+8136182001_DAFTAR+LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9.+NIM.+8136182001_+BAB+I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13.+NIM.+8136182001_BAB+V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14.+NIM.+8136182001_DAFTAR+PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan untuk bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dan efektifitas penerapan serta mengetahui respon siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik Dengan Metode Open Ended Kelas IV SDIT Alfauzi Medan. T.P 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah penelitian kolaboratif dengan teman sejawat untuk menciptakan kinerja sekolah yang lebih baik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 7 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 8 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Tekhnik analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan dismpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan metode open ended untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi operasi campuran bilangan bulat pada kelas IV hal ini dibuktikan dari: 1) terjadi peningkatan efektifitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan metode open ended pada materi operasi bilangan bulat dikelas IV, yaitu pada siklus I terdapat rata-rata nilai post test siswa 3,76 dan sebanyak 5 siswa atau 20% yang dinyatakan tuntas belajar karena memperoleh nilai ≥ 60 . Pada siklu II rata-rata nilai siswa sebesar 7,80 dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 21 siswa atau 84%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Nap p |
Keywords: | Hakikat belajar; Matematika; Realistik; Komunikasi matematis; Materi operasi hitungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:57 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5269 |