Hasanah, Nina (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI MIN SEI MATI MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182036_COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 8136182036_PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 8136182036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM. 8136182036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
5. NIM. 8136182036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 8136182036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM. 8136182036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 8136182036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
9. NIM. 8136182036_BAB I.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
13. NIM. 8136182036_BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM. 8136182036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MIN Sei Mati Medan Labuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan aktivitas belajar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi energi panas di kelas IV MIN Sei Mati Medan Labuhan. (2) Meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi energi panas di kelas IV MIN Sei Mati Medan Labuhan. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA. Aktivitas belajar siswa siklus I dengan rata-rata persentase skor sebesar 2,25 (13,79%) dengan kategori cukup dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 2,99 (89,65%) dengan kategori baik. Dengan demikian berdasarkan hasil tersebut maka terjadi peningkatan 75,86%. (2) Hasil belajar siswa kelas IV MIN Sei Mati Medan Labuhan materi energi panas juga terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil belajar siswa di siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata tes dari 74,82 menjadi 83,79 dan ketuntasan belajar siswa di siklus I sebesar 65,51%, sedangkan di siklus II sebesar 89,65%. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi antara ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 24,14%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Has u |
Keywords: | Hasil belajar; Aktivitas belajar; IPA; Model inkuiri terbimbing; Teori belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:50 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5268 |