Harahap, Apriani and Setiawan, Deny and Siregar, Rosnah (2020) Pengembangan Pembelajaran Digita Era 4.0: Media Animasi Pahlawan Sisingamangaraja XII. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 12 (1). pp. 263-270. ISSN 2355-4983; 2407- 7429; 2085-482X
Article.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi pahlawan Sisingamangaraja XII yang dikemas secara
digital era 4.0 pada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan karakter kebangsaan pahlawan nasional di
daerahnya. Lokasi penelitian dilakukan pada mahasiswa semester I mata kuliah dasar-dasar pengembangan materi
IPS di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Penelitian mengacu pada teori dan model penelitian riset dan
pengembangan Borg & Gall. Model pengembangan tersebut diringkas menjadi tiga tahap kegiatan yakni (1) Studi
pendahuluan yakni: observasi dan studi literatur. (2) Pengembangan dilakukan dengan pembuatan naskah,
storyboard dan pembuatan video animasi (3) Tahap evaluasi terdiri dari evaluasi ke ahli media dan materi dan
evaluasi kelompok kecil. Media ini layak dimanfaatkan dengan hasil validasi 85 % ahli media pembelajaran dan uji
coba produk. Ini menunjukkan bahwa media animasi ini sangat mempuni sebagai media pembelajaran era digital
4.0 terutama materi pembelajaran Dasar-dasar materi Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Pebelajaran; Media Animasi; Sisingamangaraja XII; Digital Era- 4.0 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Jun 2023 15:20 |
Last Modified: | 11 Jun 2023 15:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52664 |