Supiyansyah (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SDN 064008 MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2014-2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182051 COVER .pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM. 8136182051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM. 8136182051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 8136182051 PREFACE .pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM. 8136182051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
6. NIM. 8136182051 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 8136182051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 8136182051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8136182051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. NIM. 8136182051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 8136182051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD N 064008 Medan Labuhan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dilakukan karena sebelum penggunaan model pembelajaran think-pair-share (TPS) kesenjangan nilai antara siswa siswa yang mendapat nilai tinggi dan siswa mendapat nilai sangat rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SDN 064008 Medan Labuhan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 siswa. Subjek ini dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang menujukkan bahwa siswa kelas VI mempunyai nilai rata-rata kelas dan ketuntasan kelas masih rendah. Kriteria keberhasilan tindakan untuk aktivitas dan hasil belajar adalah batas tuntas 70 (KKM 70) dan ketuntasan kelas sebesar 80%. Instrumen pengumpulan data hasil belajar PPKn dengan menggunakan tes hasil belajar dan instrument pengumpulan data aktivitas belajar adalah lembar pengamatan(observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn pada kondisi awal (tes kemampuan awal), siklus I, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata-rata kelas hanya 57,5 dengan ketuntasan kelas sebesar 20,83% dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 5 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 67,91 dan ketuntasan kelas meningkat menjadi 45,83% (mengalami peningkatan sebesar 25%) dan siswa yang memperoleh nilai > 70 berjumlah 11 siswa. Selanjutnya, pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 75,20 dan ketuntasan kelas menjadi 83,33% (mengalami peningkatan sebesar 37,5%) dan siswa yang memperoleh nilai > 70 berjumlah 20 siswa.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD N 064008 Medan Labuhan tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sup i |
Keywords: | Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Perubahan tingkah laku; Aktivitas siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:13 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5263 |