Tindaon, Juwita (2015) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD NEGERI 094102 SAMBOSAR KECAMATAN RAYA KAHEAN KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182028 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 8136182028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 8136182028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 8136182028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 8136182028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 8136182028 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 8136182028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 8136182028 GRAPH.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 8136182028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
10. NIM. 8136182028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. NIM. 8136182028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
15. NIM. 8136182028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 094102 Sambosar Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn dan karakter siswa melalui penerapan Project Based Learning menggunakan media audio visual dengan tema “Tempat Tinggalku”di kelas IV SD Negeri 094102 Sambosar Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa kelas IV SD Negeri 094102 Sambosar Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa serta angket.
Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II ternyata project based learning pada tema 8 “tempat tinggalku” dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Hal itu diketahui dari hasil penilaian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti yang dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata pada observasi (ranah afektif) untuk kegiatan guru sebesar 73,33% dan 93,33% pada siklus 2 dan untuk kegiatan siswa sebesar 72,10% pada siklus 1 dan menjadi 81,71% pada siklus 2. Penilaian produk siswa (ranah psikomotor) sebesar 48,67% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 72,10% pada siklus 2, sehingga terjadi peningkatan sebesar 23,43%. Hasil perolehan rata-rata angket karakter siswa pada siklus 1 adalah 75,48% (kategori cukup) dan pada siklus 2 adalah 89,43% (kategori sangat baik). Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan membentuk karakter siswa kelas IV SD Negeri 094102 Sambosar Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015 pada tema 8 “tempat tinggalku”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Tin p |
Keywords: | Hakikat belajar; Media audio visual; Project based learning; Lingkungan tempat tinggal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:05 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5262 |