Harahap, Mukti Hamjah and Faisal and Hasibuan, Novita Indah and Nugrahaningsih, Ruth Hertami Dyah and Aziz, Adek Cerah Kurnia (2017) PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DASAR TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 5 (2). pp. 115-128. ISSN 2338-6754; e-ISSN 2581-1304
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di
SMP N Kota Medan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan
Gerakan Literasi Sekolah di SMP N Kota Medan, menggambarkan denah area dan bahan yang
digunakan untuk setiap materi literasi di SMP N di Kota Medan dalam melaksanakan program,
menyusun pedoman literasi yang digunakan oleh SMP N Kota Medan dalam melaksanakan program
dan menyusun standar operasional prosedur setiap materi literasi yang digunakan oleh SMP N Kota
Medan dalam melaksanakan program. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode atau
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode: deskriptif, evaluatif, dan
eksperimental.
Subyek penelitian ini adalah : kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa. Pihak eksternal
sekolah : Dinas Pendidikan Kota Medan, Dinas Pendidikan Sumatera Utara, LPMP dan Orang tua
siswa. Sedangkan obyeknya adalah situasi sosial dan interaksi sosial yang menggambarkan
implementasi Gerakan Literasi Sekolah.
Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah
dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu menggunakan model
kualitatif dari Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, sajian deskripsi data dan
penyimpulan/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri Kota Medan
diturunkan dengan berbagai program diantaranya : 1) Reading Group, 2) Morning Motivation, 3)
Mini Library atau Pojok Baca, 4) Pengadaan Perpustakaan sebagai Sumber Literasi. Selain itu hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa sesuai dengan standar pendidikan, implementasi kebijakan
gerakan literasi sekolah telah mengacu kepada delapan standar nasional pendidikan dan mengikuti
tahapan gerakan literasi sekolah yang mencakup tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap
pembelajaran. Beberapa factor pendukung dan penghambat gerakan literasi sekolah antara lain :
Faktor pendukung : 1) Sarana dan Prasarana, 2) Bahan bacaan, 3) Dukungan orang tua, 4) Adanya
aloakasikan waktu dan dana untuk menunjang kecakapan literasi siswa dan 5) Guru-guru mempunyai
semangat belajar yang baik . Sedanngkan faktor pennghambat : 1) Kerjasama guru, tenaga
kependidikan, dan Tim GLS, 2) Kurangnya bahan bacaan dan 3) Minimnya minat baca peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | gerakan literasi sekolah; sekolah menengah pertama;kualitas pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:50 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52583 |