Abdullah (2015) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V DI SD DWI WARNA III MEDAN MAIMUN TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182002. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8136182002. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 8136182002. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8136182002. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 8136182002. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM. 8136182002. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM. 8136182002. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 8136182002. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM. 8136182002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
10. NIM. 8136182002. BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 8136182002. BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM. 8136182002. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) meningkatkan aktivitas belajar PPKn siswa materi menghargai keputusan bersama di kelas V SD Dwi Warna III Medan Maimun melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, 2) meningkatkan hasil belajar PPKn siswa dikelas V SD Dwi Warna III Medan Maimun melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April 2015, jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar PPKn yang diperoleh siswa hanya 61,25, pada ulangan akhir siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,50 dengan peningkatan sebesar 6,25%, pada ulangan akhir siklus kedua, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,39 dengan peningkatan sebesar 12,14%. Aktivitas guru siklus I persentase yang diperoleh yaitu 65,00%. Aktivitas guru pada siklus II persentase yang diperoleh yaitu 92,50%, terjadi peningkatan sebesar 27,50%. Aktivitas belajar siswa siklus pertama berkriteria baik yaitu 32,9%, cukup 35,7% sedangkan kurang 25%. Aktivitas belajar siswa pada siklus II berkriteria baik sebesar 78,5%, cukup 21,4% sedangkan kurang 0%. maka dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup optimal dan telah mencapai standar ketuntasan yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Abd p |
Keywords: | Hasil belajar PPkn; Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Make a match |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 03:48 |
Last Modified: | 16 May 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5254 |