Putri, Utami Widya (2022) Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat (Hikayat) Berbentuk Digital untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Stabat Kabupaten Langkat. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186192010 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2. NIM. 8186192010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
3. NIM. 8186192010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4. NIM. 8186192010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8186192010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
6. NIM 8186192010 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 8186192010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 8186192010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 8186192010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
13. NIM 8186192010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM 8186192010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar cerita rakyat (hikayat) berbentuk digital untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat Kabupaten langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan Brog and Gall. Dengan Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat Kabupaten Langkat. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi sebesar 88%, pelayakan penyajian materi pembelajaran 88 % kategori baik, aspek penilaian bahasa 90% . Validasi ahli desain meliputi desain awal 91,14%, desain isi 86,14%, tipografi modul digital 79,33, dan ilustrasi 87,6%. Uji coba terbatas memperoleh skor 84,5%. Uji coba diperluas memperoleh skor 97,7%. Hasil keefektifan bahan ajar cerita rakyat (hikayat) berbentuk digital diperoleh dari hasil penelitian uji keefektifan produk berdasarkan pretest dan posttes. Hasil pretest siswa sebelum menggunakan media digital pada cerita rakyat (hikayat) dengan rata-rata 64,6 % pada kriteria “cukup” dan untuk nilai siswa sesudah menggunakan media digital pada cerita rakyat (hikayat) adalah 84,5% pada kriteria “baik”, dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar cerita rakyat (hikayat) berbentuk digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu produk yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksaan proses pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan dapat mandiri maupun klasikal. Untuk siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan materi cerita rakyat (hikayat).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 899.221 Put p |
Keywords: | bahan ajar; cerita rakyat (hikayat); media digital (moodle) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:03 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52354 |