Br. Ginting, Ebta Yani (2022) Pengembangan Bahan Ajar menulis Cerpen dengan Metode Peta Konsep Berbantuan Media Lectora Inspire Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah, Kabupaten Karo. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186192016 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM 8186192016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM 8186192016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 8186192016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM 8186192016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 8186192016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM 8186192016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 8186192016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
12. NIM 8186192016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 8186192016 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep dan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah proses pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep berbantuan media lectora inspire pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah, (2) Bagaimanakah kelayakan pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep berbantuan media lectora inspire pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah, (3) Bagaimanakah keefektifan pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep berbantuan media lectora inspire pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model penelitian Plomp subyek uji coba penelitian terdiri dari ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah uji coba kelompok terbatas dan tiga puluh enam orang siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tanggapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep yang dikembangkan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah, Kabupaten Karo. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli materi pembelajaran (88.32%), ahli desain pembelajaran (95.54%), uji coba lapangan terbatas (83.25%), dan uji coba lapangan (84.76%) yang secara keseluruhan menyatakan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep “sangat baik”. Hasil keefektifan produk bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep berbantuan media lectora inspire diperoleh dari hasil penelitian uji keefektifan produk berdasarkan pretest dan posttest. Hasil pretest siswa sebelum menggunakan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep dengan rata-rata 70% pada kriteria “cukup” dan untuk nilai siswa sesudah menggunakan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep adalah 89.17% pada kriteria “sangat baik” dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran siswa menggunakan bahan ajar menulis cerpen dengan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Gin p |
Keywords: | bahan ajar; cerpen; peta konsep; lectora inspire |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 03:18 |
Last Modified: | 30 May 2023 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52344 |