Salsabilah, Talitha (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111046_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1181111046_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 1181111046_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1181111046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 1181111046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 1181111046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM. 1181111046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1181111046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1181111046_BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 1181111046_BAB V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM. 1181111046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui
penerapan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022, 2) hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 dengan penerapan model pembelajaran cooperative
learning tipe make a match di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022, dan 3) pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada tema 8
subtema 1 kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian ini adalah preeskperimen
one group pretest-postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu kelas III-B sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes/evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 praja muda karana subtema 1 aku
anggota pramuka pembelajaran 1 di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia. Berdasarkan tes hasil pretest diperoleh rata-rata 45,5 dan varian 174,741 dengan skor tertinggi 65 dan terendah 25 dengan jumlah sampel 30 siswa. Sedangkan
hasil postest diperoleh rata-rata 78,00 dan varians 751,724 dengan skor tertinggi 90 dan skor terendah 60. Dari hasil pengujian hipotesis terdapat yaitu
5,488 dengan 1,699 dapat dilihat > yaitu 5,488 > 1,699 yang
artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil dari analisis data dan uji
statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh
yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match
terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas III SD Negeri 101765
Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Cooperative Learning Tipe Make A Match; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:27 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52258 |