Hutabarat, Uun (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Di Kelas V SD Negeri 173122 Hutabarat T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1183111061 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 1183111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 1183111061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 1183111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 1183111061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 1183111061 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 1183111061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 1183111061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 1183111061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 1183111061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 1183111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran flipchart pada Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema
1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Di Kelas V SD Negeri 173122 Hutabarat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 173122 Hutabarat yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara,
observasi, kuesioner dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) media pembelajaran flipchart ini memperoleh hasil dari ahli materi 85% dengan kategori
“Valid Tanpa Revisi”. (2) media pembelajaran flipchart memperoleh hasil dari ahli media tahap I yaitu 73% dengan kategori “Valid digunakan dengan sedikit revisi.
Pada tahap II memperoleh hasil 92% dengan kategori “Valid Tanpa Revisi”. (3) media pembelajaran flipchart memperoleh hasil dari ahli praktikalitas 91,67% dengan kategori “Sangar Praktis”. (4) Uji Keefektifan menunjukkan hasil sangat
efektif, terlihat dari hasil belajar pre-test dengan persentase sebesar 50,71% sebelum menggunakan media dan mengalami peningkatan pada hasil belajar posttest
dengan persentase sebesar 80,71% setelah menggunakan media pembelajaran flipchart. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan flipchart yang dikembangkan sangat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik di SD Negeri 173122 Hutabarat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media; Flipchart; Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3401 School hygiene. School health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:30 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52255 |