Marbun, Ledy Chintia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 106788 Purwodadi T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1183111065 COVER.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
2. 1183111065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
3. 1183111065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
4. 1183111065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
5. 1183111065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
6. 1183111065 TABLES.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
7. 1183111065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
8. 1183111065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
9. 1183111065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
13. 1183111065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
14. 1183111065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar pelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 106788 Puwodadi dengan sistem pembelajaran tatap muka terbatas yang dilakukan oleh sekolah yang terdiri dari IV-A dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV-B dengan jumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan berbantuan aplikasi SPSS (Statistical Program For Social Science). teknik pengumpulan data berdasarkan hasil belajar didapat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 80,50, sedangkan pada kelas kontrol dengan perlakukan model pembelajaran konvensional yaitu 55,28. Pada uji normalitas yang dilakukan diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data penelitian diketahui data bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t test, diketahui nilai sig. two tailed 0.000 dimana nilai sig. yang diperoleh 0,05, maka dinyatakan terdapat perbedaan antara hasil belajar pada kelas IV A dan kelas IVB. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, maka diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar pelajaran matematika kelas IV di SDN 106788 Purwodadi T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:30 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52250 |