Mitha, Adinda Dihan (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity Game Pada Tema 3 Subtema 3 Kelas IV SD Negeri 060957 Medan Belawan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311050_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183311050_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 1183311050_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 1183311050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 1183311050_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 1183311050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183311050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183311050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311050_BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 1183311050_BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 1183311050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis untiy game pada tema 3 subtema 3 kelas IV SD Negeri 060957 Medan Belawan; (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis unity game
pada tema 3 subtema 3 kelas IV SD Negeri 060957 Medan Belawan; (3) mengetahui keefektivan media pembelajaran berbasis unity game pada tema 3 subtema 3 kelas IV SD Negeri 060957 Medan Belawan. Penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 21 siswa kelas IV SD Negeri 060957 Medan Belawan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis unity game. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kelayakan dapat dilihat dari nilai validasi ahli media
dan ahli materi sebesar 98% dan 96% dengan rata-rata 97% berada kategori “sangat layak”. Nilai kepraktisan yang diperoleh dari ahli praktisi sebesar 95% yang berada dikategori “sangat praktis”. Sedangkan untuk hasil efektivitas didapat dari hasil uji coba lapangan. Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran mengalami peningkatan dari rata-rata 55,8%
menjadi 87,1% yang berada di kategori “sangat efektif”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis unity game sudah layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Unity Game; ADDIE; Tema 3 Subtema 3; Kelas IV; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 04:08 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52240 |