Siahaan, Amanda Riana Putri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Keping Warna Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Baptis Independen. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111045_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1181111045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 1181111045_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 1181111045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1181111045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1181111045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1181111045_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1181111045_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1181111045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. NIM. 1181111045_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
14. NIM. 1181111045_BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
15. NIM. 1181111045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya guru menggunakan media pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar, hal ini membuat peserta didik menjadi bosan dalam proses belajar mengajar yang mengakibatkan hasil belajar
yang diperoleh siswa rendah dalam materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran keping warna pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 sekolah
dasar baptis independen. (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran keping warna pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 sekolah dasar baptis independen. (3) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran keping warna
pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 sekolah dasar baptis independen. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (eveluasi). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media dan materi. Penilaian ahli memberikan
skor 48 dengan presentase 96% masuk kategori “sangat layak” dan penilaian ahli media memberikan skor 43 dengan presenstase 86% masuk kategori “sangat layak”. tingkat kepraktisan media keping warna ditentukan oleh pendidik (guru) kelas II SD Baptis Independen. Penilaian oleh guru kelas memberikan skor 47 dengan presentase 94% masuk kategori “sangat layak”. Tingkat keefektifan media
keping warna dapat dilihat dari nilai pree test dan post test peserta didik yang meningkat. Sebelum dilakukan uji coba media, peserta didik mendapatkan nilai pree test dengan rata-rata 55,75 dan setelah uji coba media, peserta didik
mendapatkan nilai post test dengan rata-rata 82,25. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran keping warna layak, praktis, dan efektif digunakan dalam materi penjumlahan dan pengurangan kelas II SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Keping Warna; Penjumlahan dan Pengurangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52227 |