Sari, Dian Novi (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover depan.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, surat tidak plagiat.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. Abstract.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. BAB V Kesimpulan, saran dan implikasi.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatkan pemahaman konsep matematika, (2) peningkatan teri Pecahan, (3) ketuntasan belajar siswa, dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik (PMR). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 104219 Tanjung Anom Pancur Batu Kabupatenan Deli Serdang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan
Teknik pengumpulan data melalui tes evaluasi untuk mengukur hasil belajar, angket pemahaman konsep belajar matematika dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualialitatif dengan menentukan persentase skor rata-rata pemahaman konsep dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan criteria keberhasilannya
Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) terjadi peningkatan pada pemahaman konsep belajar matematika. Hal ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata persentase skor pemahaman konsep belajar matematika sebesar 78,46 % , masih dalam kategori cukup dan pada Siklus II sebesar 87,83 % sudah dalam kategori baik, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,09 dan pada siklus II sebesar 80,38%, (3) ketuntasan belajar 86,11%, dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 2,99 dengan kategori positif dan pada siklus II sebesar 3,24 dengan kategori sangat positif. Diharapkan jika diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan membentuk kelompok, guru memberikan bimbingan terbatas pada siswa saat melakukan diskusi kelompok sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sar u |
Keywords: | Konsep matematika; Hasil belajar; Matematika realistis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 May 2016 19:30 |
Last Modified: | 12 May 2016 19:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5219 |