Gurky, Nenchi Bertina (2022) ANALISIS HASIL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161111051 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4161111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. NIM 4161111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 4161111051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM 4161111051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM 4161111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 4161111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
14. NIM 4161111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan menganalisis proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang dipakai yaitu studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder karena adanya keterbatasan dalam menemukan data primer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, terdapat pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam kualitas sedang dan ada model pembelajaran yang juga memiliki kesamaan seperti Problem Centered Learning, kedua model pembelajaran mendapatkan respon yang baik. Proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh yang positif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hal ini telah terlaksana dengan baik jika ditinjau secara keseluruhan tanpa memandang status level sekolah maupun status Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa. Namun jika siswa dikelompokkan menjadi beberapa kategori yaitu siswa KAM tinggi, siswa KAM sedang, dan siswa KAM rendah maka akan terlihat bahwa model pembelajaran Problem Based Learning kurang terlaksana dengan baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa KAM rendah dan hanya sebagian pada siswa KAM sedang. Penerapan Problem Based Learning harus dilakukan dalam pembagian kelompok yang heterogen dan pembelajaran yang berpusat pada aktifitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 148 |
Keywords: | Problem based learning; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 May 2023 08:19 |
Last Modified: | 17 May 2023 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52166 |