Handayani, Astri (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Pada Tema 4 Subtema 3 di Kelas V SD Negeri 163092 Kota Tebing Tinggi T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111006_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 1181111006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM. 1181111006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1181111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 1181111006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 1181111006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1181111006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1181111006_BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM. 1181111006_BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM. 1181111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum ditemukan LKPD yang bervariasi seperti dengan menggunakan aplikasi canva guru masih menggunakan LKPD yang sesuai buku saja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan
LKPD berbasis Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva, (2) Mengetahui kepraktisan LKPD berbasis Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva, (3) Mengetahui keefektifan LKPD berbasis Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Jenis penelitian ini
adalah penelitian (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis,Design,Development, Implementation.,dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V
SD Negeri 163092 Kota Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, angket, dokumentasi,lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli
materi dan ahli media sebesar 93% dan 86% dengan rata-rata 93 % beradapada kategori sangat layak. Nilai kepraktisan yang diperoleh dari angket dan observasi sebesar 88% dan 90% dengan rata-rata 89% berada pada kategori sangat praktis.
Sedangkan untuk efektivitas didapat dari hasil uji coba produk. Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah dengan menggunakan LKPD mengalami peningkatan sebesar 30,4 dengan presentase Ngain 90% berada di kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model
pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan aplikasi canva yang dikembangkan oleh peneliti layak, praktis, dan efektif untuk mendukung pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LKPD; Discovery Learning; Canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52156 |